Perkantoran Kota Grogol Permai Blok C15
+62-21 5696 1884
+62-21 566 1666

Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan Online di Bisnis Anda

Saat pertama kali seseorang memutuskan untuk berbelanja pada sebuah toko online alias e-commerce, maka pertanyaan pertama yang terbersit mungkin adalah “amankah transaksi saya?” dan “apakah barang yang dibeli sesuai dengan yang diinginkan?”. Oleh karena itu menjaga kepercayaan dari para pelanggan merupakan suatu keharusan bagi sebuah toko online yang cara operasionalnya sangat berbeda dengan toko fisik biasa.

Hal ini dikarenakan beberapa situasi diantaranya, penjual dan pembeli tidak dapat bertransaksi secara langsung, pelanggan tidak dapat melihat langsung produk yang kita jual serta proses pembayaran yang harus melalui transfer bank. Ketiga hal tersebut membuat calon pelanggan yang akan melakukan transaksi online merasa ragu dan kurang yakin untuk berbelanja online. Selain itu banyaknya penipuan di dunia maya juga sedikit banyak mulai mempengaruhi tingkat kepercayaan para pelanggan.

Untuk mengatasi hal tersebut akan kami bahas beberapa tips untuk menjaga kepercayaan pelanggan online di bisnis Anda:

  1. Menyediakan informasi yang dibutuhkan pelanggan

Deskripsikan keadaan barang yang kita jual sejelas-jelasnya mulai dari harga barang, model, ukuran, bahan yang digunakan, warna yang tersedia dll. Hal ini bertujuan agar pelanggan tidak merasa tertipu atau dibohongi dengan barang yang dipesannya.

  1. Mudah untuk dihubungi

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan anda harus dapat menanggapi pesanan pelanggan secara cepat (fast respon). Oleh karena itu sangat penting mencantumkan beberapa media komunikasi untuk menghubungi anda seperti nomor telepon/sms, pin BBM, WhatsApp, Line, username Twitter, Facebook, dan lainnya. Hal ini diperuntukan agar pelanggan dapat dengan mudah menghubungi kita.

  1. Buat website yang menarik

Perhatikan bahwa informasi yang ditampilkan selalu up to date, bebas dari ejaan dan kesalahan coding, dan bebas dari link yang rusak. Pastikan bahwa halaman web ringan sehingga dapat diakses dengan cepat agar tidak membuat pelanggan bosan dan meninggalkan websitekita. Selain itu, mengenai tema dan juga desain web ecommerce, akan lebih baik jika disesuaikan dengan produk dan juga target pembeli.

  1. Cantumkan testimonial pelanggan

Testimonial merupakan hal yang penting untuk dapat menarik perhatian calon pelanggan, karena biasanya mereka cenderung mencari pendapat dan tanggapan dari konsumen yang telah lebih dulu berbelanja di toko tersebut agar mendapatkan referensi untuk membeli sebuah produk. Akan lebih baik jika dicantumkan link akun sosial media atau setidaknya email dari si pemberi testimoni.

  1. Menerima pengembalian barang

Adakalanya produk yang kita jual rusak, terlambat datang atau bahkan barang yang dikirimkan kepada pelanggan salah. Hal ini sering terjadi pada toko online. Mungkin ini bukan murni kesalahan kita namun bisa saja barang rusak di perjalanan menuju pelanggan. Tentunya kita harus siap dengan resiko ini dan bersedia menggantinya. Ini dinilai sebagai cara yang dapat menjaga kepercayaan pelanggan terhadap sebuah toko online.

  1. Jaga privasi pelanggan

Masalah privasi sangat penting di dunia maya. Yakinkan pada pelanggan bahwa data yang mereka berikan untuk keperluan membeli sebuah produk tidak akan diberitahukan kepada siapa pun untuk kepentingan apapun.

  1. Tunjukan kepedulian Anda

Dalam menjaga kepercayaan dan keakraban dengan pelanggan, bisa juga kita lakukan dengan cara menunjukkan rasa peduli terhadap pelanggan. Misalnya kita melakukan survey atau polling online mengenai produk apa yang mereka harapkan dari toko kita. Atau kita bisa menawarkan pelanggan untuk ikut dalam acara yang kita adakan. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan diharapkan terus berbelanja di toko online kita.

Menjaga kepercayaan pelanggan online sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan menjaga konsumen via offline. Mereka juga membutuhkan perhatian dan juga kepedulian, semoga informasi di atas bermanfaat.