Perkantoran Kota Grogol Permai Blok C15
+62-21 5696 1884
+62-21 566 1666

Tips Meningkatkan Omzet Online Shop dalam Waktu Singkat

Membuka usaha di bidang online shop memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi jika hanya dilakukan karena trend yang sedang menjamur yaitu mencari keuntungan tambahan melalui bisnis ini. Alhasil, mimpi untuk memperoleh keuntungan justru harus tertunda karena beberapa faktor, misalnya saja pelanggan yang jumlahnya sedikit, barang yang sulit laku, dan persaingan harga yang ketat dengan online shop lainnya. Sebenarnya, masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mudah. Perhatikan beberapa tips meningkatkan omset online shop dalam waktu singkat, di bawah ini lalu coba terapkan pada online shop anda.

1. Kemudahan Dalam Pemesan

Selain menggunakan media sosial untuk proses promosi produk anda, usahakan untuk memiliki sebuah website sendiri yang dapat membuat online shop anda terlihat lebih profesional. Jika anda tidak memiliki keahlian dalam hal ini, anda dapat membayar jasa orang untuk membuatkan website yang menarik konsumen anda. selain menarik, website tersebut harus dilengkapi dengan button action yang jelas. Misalnya saja, tombol untuk pemesanan barang yang cepat sehingga konsumen dapat dengan mudah memesan produk anda tanpa harus mengontak anda melalui sms atau telepon.

2. Deskripsi Produk Melalui Video

Jangan hanya mengandalkan foto untuk mempromosikan produk anda kepada para konsumen. Anda dapat mulai dengan mempromosikan produk melalui video pada situs online shop anda. deskripsi produk melalui video ini sangat cocok digunakan untuk produk seperti gadget dan makanan. Misalnya produk gadget, anda dapat membuat video yang menunjukkan keunggulan gadget yang anda jual dibandingkan dengan produk lain. Dalam video tersebut anda dapat menunjukkan keunggulan dalam penggunaan kamera, permainan, dan proses loading yang cepat.

3. Menunjukkan Testimoni Melalui Video

Testimoni merupakan bagian yang cukup penting dalam hal mempromosikan produk anda. tambahkan testimoni-testimoni yang baik dari para konsumen anda sebelumnya namun jangan pernah membuat atau memanipulasi testimoni tersebut. Testimoni ini berkaitan dengan penilaian konsumen terhadap barang maupun pelayanan yang anda berikan. Selain testimoni, anda juga dapat menambahkan rank produk yang bertujuan untuk memperlihatkan kepada konsumen produk mana saja yang paling laku pada online shop anda.

4. Memberikan Penawaran Khusus

Penawaran khusus atau promo ini adalah hal yang paling disenangi dan ditunggu-tunggu oleh para konsumen. Oleh karena itu, jangan ragu untuk sesekali memberikan penawaran khusus agar produk yang anda jual cepat laris. Tidak hanya promo, untuk menambah kepercayaan konsumen terhadap barang yang anda jual, anda juga dapat menambahkan jaminan untuk setiap konsumen. Misalnya saja jaminan berupa pengembalian uang jika produk yang anda jual tidak sesuai dengan perjanjian sebelumnya. Namun agar jaminan ini tidak justru dimanfaatkan oleh konsumen untuk mencari keuntungan, anda harus tetap berhati-hati dan melakukan perencanaan secara matang sebelum memutuskan memberikan penawaran-penawaran khusus tersebut.

5. Mempertahankan Pelanggan Melalui Mailing List

Anda dapat melakukan pengelolaan pada setiap email pelanggan yang masuk ke dalam database anda. pengelolaan ini bertujuan untuk mengontak mereka kembali jika anda sedang melakukan promo atau memberikan penawaran khusus. Hal tersebut dapat memungkinkan anda untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada bahkan menarik perhatian pelanggan lama online shop anda.

6. Memberikan Nilai Tambah Pada Produk Yang Anda Jual

Pastikan setelah pelanggan menerima produk anda, mereka tidak akan kecewa dengan kualitas produk, harga produk, serta pelayanan yang anda berikan. Jika memang terdapat kritik dan saran dari pelanggan cobalah untuk menerimanya sebagai sebuah masukan. Lalu lakukan perbaikan pada proses penjualan selanjutnya.