Perkantoran Kota Grogol Permai Blok C15
+62-21 5696 1884
+62-21 566 1666

Tips Berhasil Promosi Online Shop di Media Sosial

Pengguna media sosial di Indonesia sudah tidak terhitung lagi. Setiap orang bahkan memiliki lebih dari 3 media sosial. Sebagai seorang yang bekerja dalam bisnis online shop, fakta ini tentu memiliki sisi positif dan negatif bagi anda. Positifnya, anda dapat dengan mudah mempromosikan produk melalui berbagai macam media sosial yang anda. Negatifnya, promosi tersebut belum tentu dapat maksimal karena terlalu banyak media sosial yang ada, sehingga anda justru bingung akan menggunakan yang mana.

Anda wajib menggunakan 3 media sosial (big three) ini dalam promosi:

1. Facebook

Media sosial yang satu ini sepertinya sudah tidak bisa di tawar lagi dalam hal promosi. Hampir semua orang di seluruh duni dalam berbagai umur telah menggunakan media sosial facebook. Ini tentu menjadi keuntungan bagi anda dalam melakukan promosi online shop. Anda dapat membuat grup, fans pages, atau bergabung dengan aplikasi online shop yang di sediakan oleh google.

2. Twitter

Menurut survei yang dilakukan oleh sebuah media di Amerika, masyarakat Indonesia menjadi pengguna twitter paling aktif nomor 1 di dunia. Maka jangan lewatkan media sosial ini untuk promos produk anda. Carilah followers real sebanyak-banyaknya dan lakukan promosi dengan memberikan konten yang menarik.

3. Google+

Meskipun termasuk media sosial yang baru di rilis pada tahun 2014, namun google+ ternyata tidak dapat begitu saja di remehkan. Promosi menggunakan google+ akan jauh lebih efektif di bandingkan dengan media sosial lain. Hal ini sudah jelas karena di balik lahirnya google+ ada mesin pencarian raksasa yaitu google.

Selain ketiga media sosial terbesar dan terpopuler tersebut, anda juga di anjurkan bergabung “Lesser Three” berikut:

4. Instagram

Tidak jauh berbeda dengan twitter, instagram pun demikian, mengandalkan followers sebagai kunci utama kesuksesan sebuah online shop. Sejak di rilis pada tahun 2013, media sosial yang mengandalkan fitur posting foto dan video ini telah ramai di serbu penggunannya di Indonesia yang di dominasi anak muda. Bahkan kepopuleran instagram mulai menggeser twitter sebagai pendahulunya. Akun online shop di instagram bahkan jumlahnya sudah sangat banyak. Ini tentu menjadi tantangan bagi anda untuk membuat online shop yang berbeda di instagram.

5. Youtube

Jika anda telah membuat akun google+ maka otomatis anda juga akan memiliki akun youtube. Tahukah anda bahwa google akan membayar $ 9000 untuk video di Youtube dengan jumlah viewers mencapai 2 juta orang? Maka jangan heran jika saat ini media sosial youtube menjadi sangat di gandrungi oleh semua orang dari berbagai kalangan. Hampir semua orang berlomba-lomba untuk membuat video yang mampu memancing orang untuk menontonnya. Anda tentu harus mulai memikirkan pula membuat video yang menarik untuk iklan produk anda. Selain mendapat keuntungan dari penjualan, siapa tahu video anda akan di tonton 2 juta orang dan mendapat $ 9000 juga dari google.

6. Pinterest

Pinterest merupakan media sosial baru yang berorientasi pada tampilan visual. Dengan menggunakan pinterest, anda dapat memposting, membagi, dan mengedit gambar sesuai keinginan anda. Untuk bisnis online shop, anda hanya perlu memposting foto yang unik dan menarik karena memang keunggulan pinterest adalah melalui foto. Media sosial dengan pengguna terbanyak dari kalangan hawa ini membuat media sosial ini cocok di gunakan untuk menjual barang-barang fashion, alat-alat kecantikan, obat herbal, dan produk seni.