Perkantoran Kota Grogol Permai Blok C15
+62-21 5696 1884
+62-21 566 1666

Testimoni Dalam Bisnis Online, Emang Penting?

Testimonial dalam toko online merupakan beberapa opini atau pendapat, saran atau kritikan dari orang-orang yang pernah berbelanja di sebuah toko online. Testimonial sifatnya mendukung penjualan, bisa juga membenarkan keunggulan produk, bahkan bisa juga menjatuhkan suatu produk. Kebanyakan toko online biasanya menampilkan testimonial di website atau jejaring sosial mereka untuk menambah nilai jual suatu produk. Tentu saja testimonial yang ditampilkan adalah testimonial yang positif atau cenderung berisi pujian. Testimonial biasanya dituliskan dalam bentuk kalimat yang singkat, tidak terlalu panjang atau bertele-tele, dan tepat sasaran.

Jika Anda telah mempunyai sebuah toko online, maka Anda juga bisa menampilkan testimonial. Testimonial bisa Anda ambil dari komentar-komentar konsumen. Komentar konsumen yg positif akan membuat produk terlihat lebih menarik sehingga konsumen baru akan tertarik untuk memesan. Kebanyakan konsumen baru cenderung terpengaruh melihat komentar pembeli sebelumnya daripada terpengaruh oleh serangkaian kata-kata bujukan dalam promosi yang Anda lakukan.

Apakah testimonial begitu penting bagi sebuah toko online? Jawabannya bisa iya, bisa tidak. Anda tentu tahu bahwa saat ini banyak toko online penipu yang memasang testimonial palsu di website mereka. Tentu konsumen tidak bisa memastikan apakah testimonial dari suatu toko online tersebut benar-benar asli berasal dari konsumen yang pernah membeli atau hanya karangan dari si penjual. Namun, tidak bisa dikesampingkan bahwa testimonial sedikit banyaknya sangat berpengaruh terhadap pandangan calon pembeli. Beberapa konsumen cerdas tentu tidak akan tertipu dengan testimonial, tetapi kebanyakan konsumen lainnya mudah terpengaruh, sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menampilkan testimonial. Tentu testimonial yang Anda tampilkan harus asli, bukan karangan belaka.

Untuk menjadikan testimonial bermakna penting dalam bisnis online Anda, perlu kiranya Anda mengetahui cara-cara jitu yang bisa memanfaatkan testimonial sebagai ajang untuk menarik pelanggan. Yang palng utama adalah kualitas dari produk Anda harus terjaga sehingga konsumen akan memberikan testimonial seputar kepuasan mereka belanja di toko online Anda. Jangan sekali-kali mengecewakan pelanggan. Sebab, komentar negatif dapat muncul dari konsumen bahkan bisa saja konsumen tersebut berkeluh-kesah di jejaring sosial mereka tentang toko online Anda, sehingga akan menimbulkan pandangan negatif dari banyak orang. Hal ini tentu akan membuat Anda kehilangan banyak pelanggan.

Testimonial yang tak kalah berpengaruhnya selain komentar konsumen adalah testimonial dari para ahli. Misalnya Anda menjual produk kecantikan, maka Anda bisa meminta testimonial dari seorang ahli kecantikan yang akan menerangkan bahwa produk Anda aman dan baik digunakan. Penilaian dari para ahli tentang produk yang Anda jual akan meyakinkan konsumen akan kualitas produk Anda. Toko online Anda juga akan menjadi lebih populer dan terpercaya.

Testimonial yang juga berperan penting adalah testimonial yang ditampilkan dengan unik dan dirancang sedemikian rupa. Dalam artian, yang perlu Anda perhatikan adalah posisi peletakan testimonial dan juga bentuk tampilannya. Tapi ingat, yang perlu dimodifikasi adalah bentuk dan penempatannya, bukan isinya. Anda harus jujur dan membiarkan testimoni yang ada sesuai dengan kondisi yang sebenarnya diberikan oleh konsumen. Anda dapat mengumpulkan berbagai testimonial dalam suatu video sehingga menarik untuk dilihat oleh konsumen.

Ada beberapa beberapa kiat dalam memanfaatkan testimoni untuk meningkatkan reputasi bisnis online. Apa saja? silahkan Anda lanjutkan membaca, saya akan menjelaskannya kepada Anda.

1. Testimoni Tertulis

Testimoni bisa berupa tulisan yang disampaikan pada toko online Anda ataupun di “lapak” yang Anda buat di marketplace seperti kaskus atau olx dan lain-lain. Testimoni ini biasanya ada yang diminta, ada juga yang tanpa diminta oleh si penjual. Seorang pembeli setelah bertransaksi diharuskan untuk menulis testimoni sebagai propaganda bahwa bisnis online yang Anda jalankan serius dan no tipu-tipu.

Jika Anda memiliki website bisa juga membuat halaman khusus testimoni pembeli. Setiap orang bisa menulisnya langsung di website Anda. Ini tentu saja akan memudahkan bagi orang yang sudah membeli produk Anda, dan yang terpenting testimoni tersebut bisa dilihat juga oleh pengunjung website Anda.

2. Original dan Natural

Sebagai penjual, boleh saja Anda meminta buyer untuk membuat testimoni. Akan tetapi jangan sampai Anda memaksa kepada mereka untuk menulis hal-hal yang positif dan berlebihan. Biarkanlah testimoni diisi oleh buyer dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Bukan bahasa Anda sebagai penjual.

Testimoni berlebihan justru akan memberikan dampak buruk terhadap citra bisnis Anda. Bukan tidak mungkin calon pembeli yang membacanya akan menebak bahwa testimoni tersebut palsu. Menjaga testimoni agar tetap original, bukan saja memberi efek baik terhadap bisnis tapi juga menghindarkan Anda melakukan pembohongan publik

3. Word of Mouth

Testimoni bukan hanya yang berupa tulisan. Testimoni dari mulut ke mulut juga bisa memberikan efek yang luar biasa. Bahkan testimoni jenis ini akan lebih ampuh mempengaruhi orang lain. Jika Anda memasuki rumah makan nasi padang, mungkin pernah melihat tulisan “Jika Anda puas beritahu teman-teman, Jika tidak puas silahkan beri tahu kami”. Memang, testimoni word of mouth tidak mudah didapatkan.

Words of mouth ini lebih bersifat alami, efek kepuasan pembeli atas pelayanan dan produk Anda membuat mereka menceritakan kepada orang-orang terdekat. Oleh sebab itu berikanlah pelayanan dan kualitas yang sesuai dengan pengorbanan pembeli (uang yang dikeluarkan).