Perkantoran Kota Grogol Permai Blok C15
+62-21 5696 1884
+62-21 566 1666

5 Hal yang Sangat Diharapkan Pelanggan Terhadap Online Shop Anda

Sebagai seorang penjual, memiliki banyak pelanggan merupakan kebahagiaan tersendiri yang tentunya akan berimbas pada laba yang didapatkan dalam menjalankan bisnis baik bisnis konvensional atau pun online yang kini sedang marak. Apalagi dalam bisnis online shop yang mengharuskan penjual mendapatkan kepercayaan dari konsumen tanpa adanya tatap muka. Tentu itu sangat sulit bukan? Maka dari itu pelayanan dan kecepatan proses transaksi sangat berpengaruh dalam keberlanjutan sebuah bisnis online shop. Bayangkan saja, jika sebagai penjual anda tidak sabar melayani pembeli yang cerewet, ditambah lagi proses transaksi yang lambat, tentu akan membuat konsumen kabur dan enggak membeli produk di online shop anda.

Anda tentu tidak ingin bisnis online shop anda gagal begitu saja kan? Maka ketahuilah 5 hal yang sangat diharapkan pelanggan online shop ini:

1. Penjual yang Cepat Akan Kalah Dengan Penjual yang Baik

Pelayanan merupakan faktor utama dalam proses perkembangan sebuah bisnis. Maka dari itu selalu berikan pelayanan yang baik kepada para konsumen. Tetapi konsumen nyatanya tidak hanya menginginkan penjual dengan pelayanan yang cepat tanggap saja tetapi yang utama adalah penjual yang baik. Penjual yang baik adalah penjual yang ramah, sabar, dan jujur dalam melayani pelanggan. Jadi jika anda penjual yang hanya mengandalkan kecepatan dalam hal pelayanan, tentu anda keliru sebab penjual yang ramah, sabar, dan jujur ternyata lebih di pilih karena dapat membuat konsumen merasa nyaman dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

2. Memberikan Penawaran Tak Terduga

Pelanggan mana yang tidak senang jika diberikan kejutan berupa potongan harga atau bonus tertentu jika membeli barang kita. Jadilah penjual yang tidak pelit kepada pelanggan. Jika memang dia adalah pelanggan setia anda, maka cobalah untuk sesekali memberikannya bonus atau potongan harga jika beberapa kali telah mempercayakan uangnya pada online shop anda. Tidak hanya memberikan penawaran tak terduga kepada pelanggan setia, anda juga dapat memberikan penawaran tersebut kepada pelanggan baru anda. Misalnya dengan berjanji akan memberikan bonus atau potongan harga pada pembelian barang ke dua.

3. Pelanggan Sebagai Sumber Informasi

Dalam hal berbisnis, pelanggan tentu tidak dapat diremehkan bahkan menjadi bagian terpenting dalam proses pengembangan bisnis kita. Oleh karena itu, mintalah saran dan kritik dari mereka untuk kemajuan bisnis anda selanjutnya. Saran dan kritik tersebut dapat berhubungan dengan kualitas barang yang dijual, pelayanan yang diberikan, harga yang ditawarkan, serta proses transaksinya. Jadikan kritik dan saran pelanggan sebagai pembelajaran untuk memperbaiki bisnis anda agar menjadi lebih baik.

4. Memberikan Perhatian Kepada Pelangaan

Sebenarnya untuk menarik hati pelanggan cukup mudah dilakukan. Anda dapat memulai dengan menanyakan kabarnya atau mengingat namanya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa diperhatikan oleh anda. contohnya, dalam akun instagram, anda dapat melakukan follow back dan memberikan like pada postingan yang dilakukan oleh konsumen anda. Dengan begitu mereka akan merasa senang.

5. Memberikan Pelayanan Personal

Pelayanan personal memang menuntut penjual lebih sabar dan telaten dalam hal menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen. Namun model pelayanan seperti ini ternyata lebih disukai pelanggan ketimbang dengan anda menjawab pertanyaan dari beberapa pelanggan dalam satu jawaban sekaligus. Maka usahakan untuk meluangkan waktu meladeni pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan secara personal meskipun itu cukup melelahkan bagi anda.